Batu Semar / Batu Tuah / Batu Bentukan


Batu ini dinamakan Batu Semar karena memiliki bentuk seperti tokoh wayang Semar. Bentuk ini sering diyakini oleh masyarakat awam (yang termakan cerita pihak tertentu) sebagai bentuk asli dari proses alam, sehingga kemudian dimanfaatkan sebagai ajimat atau batu tuah. Terlebih jika dalam proses pengkomersilannya menggunakan kedok spiritual, menariknya dari alam gaib, menemukannya di tempat – tempat yang dianggap keramat, dan sebagainya.
Konsultasi / Pemesanan
Ki Ravie Ananda

Jalan Garuda 13
Kebumen, 54311
Jawa Tengah – Indonesia

HP : 081-329-544881


Batu ini pun kemudian dianggap sebagai batu tuah yang memiliki daya gaib atau spiritual yang tinggi dan terpaksa dihargai mahal oleh peminatnya. Sebenarnya, batu bentukan ini tidak selalu dibentuk Semar. Bentuk-bentuk lain juga sering dibuat oleh pengrajin batu tentunya sesuai dengan pesanan. Bentuk lain yang sering dijumpai adalah katak, keong (siput) dan kepompong. Bahan batu bentukan bisa berasal dari semua batuan yang memiliki tingkat kekerasan dan molekul penyusun batu yang tinggi agar dalam proses pembentukan hingga finishing tidak mudah patah, serta memiliki tingkat kilap yang tinggi. Pengrajin batu kawakan memiliki daya seni yang tinggi. Mereka cenderung membuat batu ini seolah-olah terbentuk secara alami dengan melubangi batu atau membuat lekuk abstrak dan asimetris agar terlihat sebagai hasil pembentukan dan pelapukan alami pada tekstur batu.

Para pengrajin batu Kebumen sering mendapatkan pesanan dari daerah (propinsi) lain dalam jumlah yang banyak. Bahan yang digunakan sangat bervariasi, tetapi tetap dipilih dari batuan yang mempunyai tingkat kekerasan yang tinggi sehingga dicarikan bahan dari Luk Ula. Bahan yang sering dipakai adalah batuan jenis Agete dan Batuan fosil.

 

Tidak menyediakan stok

Sinergi Kosmik Lukula Lainnya: